Manajemen Umum
Tugas kelompok
Nama kelompok :
Apri Tri saputro 30115914
:
Farchan Gustian 32115491
:
Syayu Hanana Yohana Stefani 36115773
:
Tami Fibriyani 36115803
: Vicky Zulfikar 37115028
DAFTAR ISI
BAB
I
1.
latar Belakang .………………………….………………………… 3
2.
Visi dan Misi …………………………………………………….. 3
BAB
II
A.
Manajemen ………………………….…………………………. 4
B.
Pemasaran …………………………………………………….. 5
BAB
III
A.
Analisis Produk …………………………………………………….. 6
B.
Analisis Resiko …………………………………………………….. 6
C.
Rencana Keuangan
……………………………………………………. 7
D.
Strategi bisnis …………………………………………………….. 9
E.
Rencana Aktivitas ………………………………………………….. 9
PROPOSAL Usaha
BAB I
1. Latar Belakang
Usaha adalah suatu
bentuk yang dapat menghasilkan uang dan dapat meningkatkan taraf hidup
seseorang untuk menjadi lebih baik. Suatu usaha yang kita jalani dapat
menghasilkan laba semaksimal mungkin jika kita tekun dalam menjalani usaha
tersebut.
Banyak cara yang
dilakukan oleh seseorang dalam memulai atau menjalani kegiatan usaha seperti sistem
retail atau membuat sendiri produk yang akan dijual. Kegiatan usaha dengan cara
membuat sendiri produk yang akan dijual akan lebih banyak kelebihannya
dibandingkan sistem atau cara kegiatan usaha lain. Selain produk yang dijual
lebih menarik minat, tentu cara ini lebih mudah dalam menafsirkan atau
menargetkan laba dengan total produk yang akan dijual ke konsumen.
Dari penjelasan latar
belakang diatas, maka kami tertarik untuk melakukan kegiatan usaha dengan
menggunakan cara membuat sendiri produk yang akan dijual. Dalam hal ini, produk
yang kami tawarkan berupa jajanan rakyat berupa “donat Kentang “
2. Visi
Dan Misi
Visi
Kepuasan konsumen atas produk merupakan hal yang paling
kami utamakan.
Misi
ü Memperkenalkan jajanan pasar khususnya Donat Kentang
ke masyarakat.
ü Menciptakan
makanan yang sehat, serta cita rasa yang tinggi yang bertujuan untuk memuaskan
konsumen.
BAB II
A. Manajemen
3. Analisis
SWOT Bisnis
a) Strength
(Kekuatan)
Harga produk ekonomis
Kebersihan produk
terjamin
Produk yang kami
tawarkan tidak menggunakan bahan pengawet atau zat – zat berbahaya lainnya
Produk yang ditawarkan
merupakan jajanan pasar yang sudah tidak asing dengan lidah Indonesia
b) Weakness
(Kelemahan)
Produk yang kami
tawarkan merupakan jajanan pasar yang banyak tersedia di berbagai tempat
Produk yang kami
tawarkan merupakan produk yang tidak tahan lama karena tanpa bahan pengawet
c) Oppurtunity
(Peluang)
Banyak penjual –
penjual lain yang menjual produk yang sama menggunakan bahan pengawet,
sedangkan produk kami tidak menggunakan bahan pengawet atau zat – zat berbahaya
lainnya
Kepuasaan konsumen akan
produk kami sudah teruji
d) Threat
(Hambatan)
Produk yang
diperdagangkan berupa jajanan pasar yang semakin tersingkir akibat maraknya
jajanan luar negeri
Produk yang kami
tawarkan bersifat mengenyangkan khususnyaDonat Kentang jika sudah memasuki
siang banyak pelanggan yang menolak produk kami.
B. Pemasaran
Analisis
Pasar
Analisis pasar adalah
suatu penganalisaan atau penyelenggaraan untuk mempelajari berbagai pasar.
Analisis pasar menyangkut lokasi pasar, luasnya pasar, sifatnya pasar dan
karakteristik pasar.
a) Produk
yang akan dijual
Barang atau produk yang
akan dijual dalam usaha ini adalah jajanan rakyat yang sudah tidak asing dengan
lidah Indonesia yaitu Donat
Kentang lapis Coklat.
b) Penawaran
dan permintaan
Pada umumnya masyarakat
selalu menginginkan sesuatu yang berbeda, tidak terkecuali dengan hal kuliner
atau makanan. Dalam hal ini produk makanan yang kami tawarkan berupa makanan
ringan atau jajanan pasar,
c) Harga
jual produk
Harga jual produk yang
kami tawarkan ke pelanggan untuk tiap pertusuk (isi 3 donat ukuran kecil ) sebesar Rp. 2500 saja.
BAB III
A. Analisis
Produk donat Kentang
Bahan – bahan yang kami
butuhkan dalam pembuatan Donat Kentang adalah sebagai Berikut :
Kentang 1Kg Rp. 17.000
Mentega Rp. 10.000
Telur Rp. 6.000
Terigu 1 Kg Rp. 10.000
Susu Bubuk Rp. 10.000
Ragi ⅔ Rp. 4.000
Coklat Rp. 13.000
Gula,Tusukan,Garam Rp. 6.000
Gula Halus @Rp.4000 (2) Rp. 8000
Kotak Kue Rp. 4.000
= Rp. 83.000
Gas ½ Rp. 10.000
Total = Rp. 92.000
B. Analisis
Resiko Bisnis
Dalam kegiatan usaha
ini, resiko bisnis yang kami hadapi adalah ketidak-tahanan produk kami karena
tidak menggunakan bahan pengawet. Hal ini akan menyebabkan produk kami tersisa
sehingga mengakibatkan kerugian dalam kegiatan usaha
C. Rencana
Keuangan
Rencana Anggaran Biaya
ü Anggaran donat
Kentang
Kentang 1Kg Rp. 17.000
Mentega Rp. 10.000
Telur Rp. 6.000
Terigu 1 Kg .Rp.10.000
Susu Bubuk Rp. 10.000
Ragi ⅔ Rp. 4.000
Coklat .Rp. 13.000
Gula,Tusukan,Garam Rp. 6.000
Gula Halus @Rp.4000 (2) Rp. 8000
Kotak Kue Rp. 4.000
= Rp. 83.000
Gas ½ Rp. 10.000
Total .= Rp. 92.000
Keuntungan
–
Donat Kentang (per 50 Tusuk)
Untung per produk =
harga penerimaan – harga pengeluaran
= Rp 125.000 – Rp 92.000
= Rp 33.000
Prediksi penjualan
ü Target
penjualan produk
Donat
Kentang : 50 Tusuk
ü Harga jual
produk
: Rp 2.500/ buah
D. Strategi Bisnis
Dalam pemasaran harus
pandai dalam mengatur harga, tempat penjualan, melakukan promosi produk, salah
satu cara promosi adalah dengan menawarkan harga miring untuk setiap menu
masakan. Inovasi yang bagus terhadap produk yang dimiliki, seperti bagaimana cara
membuat ini terlihat lebih unik dan
berbeda dari olahan donat Kentang pada
umumnya.
1) Mengatur Tempat Penjualan
Tempat berlangsungnya
usaha kami di lingkungan kampus Gunadarma.
2) Strategi Produk
Kami menawarkan jajanan
pasar dengan berbagai jenis produk dan rasa yang berbeda dan pastinya higenis.
3) Promosi Produk
Promosi produk kami
terhadap para pelanggan dengan mempromosikan ke mahasiswa di lingkungan kampus
Gunadarma.
E. Rencana
Aktivitas
Dalam menjalankan usaha
ini, kami berencana untuk menawarkan produk – produk ke mahasiswa
Universitas Gunadarma di sela –sela jadwal perkuliahan. Hal ini dilakukan
mengingat target konsumen kami adalah mahasiswa Universitas Gunadarma.
Berikut adalah bukti penjualan kami
dan ini adalah kami
Tidak ada komentar:
Posting Komentar