Rabu, 30 Desember 2015

Penjualan Produk makanan

Manajemen Umum



Tugas kelompok
Nama kelompok      : Apri Tri saputro                                           30115914
                             : Farchan Gustian                                           32115491
                             : Syayu Hanana Yohana Stefani                       36115773
                             : Tami Fibriyani                                             36115803
                  : Vicky Zulfikar                                                37115028   





DAFTAR ISI

BAB I
      1.     latar Belakang     .………………………….…………………………        3
      2.     Visi dan Misi        ……………………………………………………..        3
BAB II
      A.   Manajemen           ………………………….………………………….        4
      B.   Pemasaran            ……………………………………………………..        5
BAB III
      A.   Analisis Produk   ……………………………………………………..        6
      B.   Analisis Resiko    ……………………………………………………..        6
      C.   Rencana Keuangan …………………………………………………….       7
      D.   Strategi bisnis      ……………………………………………………..        9
      E.    Rencana Aktivitas    …………………………………………………..        9


PROPOSAL Usaha

BAB I
1.      Latar Belakang
Usaha adalah suatu bentuk yang dapat menghasilkan uang dan dapat meningkatkan taraf hidup seseorang untuk menjadi lebih baik. Suatu usaha yang kita jalani dapat menghasilkan laba semaksimal mungkin jika kita tekun dalam menjalani usaha tersebut.
Banyak cara yang dilakukan oleh seseorang dalam memulai atau menjalani kegiatan usaha seperti sistem retail atau membuat sendiri produk yang akan dijual. Kegiatan usaha dengan cara membuat sendiri produk yang akan dijual akan lebih banyak kelebihannya dibandingkan sistem atau cara kegiatan usaha lain. Selain produk yang dijual lebih menarik minat, tentu cara ini lebih mudah dalam menafsirkan atau menargetkan laba dengan total produk yang akan dijual ke konsumen.
Dari penjelasan latar belakang diatas, maka kami tertarik untuk melakukan kegiatan usaha dengan menggunakan cara membuat sendiri produk yang akan dijual. Dalam hal ini, produk yang kami tawarkan berupa jajanan rakyat berupa “donat Kentang “


 2.      Visi Dan Misi
Visi
Kepuasan konsumen atas produk merupakan hal yang paling kami utamakan.
Misi
ü  Memperkenalkan jajanan pasar khususnya Donat Kentang ke masyarakat.
ü  Menciptakan makanan yang sehat, serta cita rasa yang tinggi yang bertujuan untuk memuaskan konsumen.


BAB    II
A. Manajemen
3.      Analisis SWOT Bisnis
a)      Strength (Kekuatan)
Harga produk ekonomis
Kebersihan produk terjamin
Produk yang kami tawarkan tidak menggunakan bahan pengawet atau zat – zat berbahaya lainnya
Produk yang ditawarkan merupakan jajanan pasar yang sudah tidak asing dengan lidah Indonesia
b)     Weakness (Kelemahan)
Produk yang kami tawarkan merupakan jajanan pasar yang banyak tersedia di berbagai tempat
Produk yang kami tawarkan merupakan produk yang tidak tahan lama karena tanpa bahan pengawet
c)      Oppurtunity (Peluang)
Banyak penjual – penjual lain yang menjual produk yang sama menggunakan bahan pengawet, sedangkan produk kami tidak menggunakan bahan pengawet atau zat – zat berbahaya lainnya
Kepuasaan konsumen akan produk kami sudah teruji
d)     Threat (Hambatan)
Produk yang diperdagangkan berupa jajanan pasar yang semakin tersingkir akibat maraknya jajanan luar negeri
Produk yang kami tawarkan bersifat mengenyangkan khususnyaDonat Kentang jika sudah memasuki siang banyak pelanggan yang menolak produk kami.



B. Pemasaran 
       Analisis Pasar
Analisis pasar adalah suatu penganalisaan atau penyelenggaraan untuk mempelajari berbagai pasar. Analisis pasar menyangkut lokasi pasar, luasnya pasar, sifatnya pasar dan karakteristik pasar.

a)      Produk yang akan dijual
Barang atau produk yang akan dijual dalam usaha ini adalah jajanan rakyat yang sudah tidak asing dengan lidah Indonesia yaitu Donat Kentang lapis Coklat.
b)     Penawaran dan permintaan
Pada umumnya masyarakat selalu menginginkan sesuatu yang berbeda, tidak terkecuali dengan hal kuliner atau makanan. Dalam hal ini produk makanan yang kami tawarkan berupa makanan ringan atau jajanan pasar,
c)      Harga jual produk
Harga jual produk yang kami tawarkan ke pelanggan untuk tiap pertusuk (isi 3 donat ukuran kecil )  sebesar Rp. 2500 saja.


BAB III

A.                  Analisis Produk donat Kentang
Bahan – bahan yang kami butuhkan dalam pembuatan Donat Kentang adalah sebagai Berikut :
Kentang  1Kg                                                                   Rp. 17.000
Mentega                                                                          Rp. 10.000
Telur                                                                               Rp. 6.000
 Terigu 1 Kg                                                                     Rp. 10.000
Susu Bubuk                                                                      Rp. 10.000
Ragi                                                                              Rp. 4.000
Coklat                                                                              Rp. 13.000
Gula,Tusukan,Garam                                                         Rp. 6.000
Gula Halus  @Rp.4000 (2)                                                 Rp. 8000
 Kotak Kue                                                                       Rp. 4.000
                                                                     =               Rp. 83.000
Gas  ½                                                                            Rp. 10.000
                                                Total                   =              Rp.  92.000

B.    Analisis Resiko Bisnis
     Dalam kegiatan usaha ini, resiko bisnis yang kami hadapi adalah ketidak-tahanan produk kami karena tidak menggunakan bahan pengawet. Hal ini akan menyebabkan produk kami tersisa sehingga mengakibatkan kerugian dalam kegiatan usaha

C.     Rencana  Keuangan
Rencana Anggaran Biaya
ü  Anggaran donat Kentang        
Kentang  1Kg                                                                    Rp. 17.000
Mentega                                                                           Rp. 10.000
Telur                                                                               Rp. 6.000
Terigu 1 Kg                                                                     .Rp.10.000
Susu Bubuk                                                                      Rp. 10.000
Ragi                                                                              Rp. 4.000
Coklat                                                                             .Rp. 13.000
Gula,Tusukan,Garam                                                         Rp. 6.000
Gula Halus  @Rp.4000 (2)                                                 Rp. 8000
 Kotak Kue                                                                        Rp. 4.000
                                                                     =               Rp. 83.000
Gas  ½                                                                            Rp. 10.000
                                      Total                            .=               Rp. 92.000
Keuntungan
–       Donat Kentang (per 50 Tusuk)
Untung per produk = harga penerimaan – harga pengeluaran
                                =  Rp  125.000  –  Rp 92.000
                                =  Rp  33.000

Prediksi penjualan
ü  Target penjualan produk    
Donat Kentang                        : 50 Tusuk

ü  Harga jual produk               : Rp 2.500/ buah


 D. Strategi Bisnis

Dalam pemasaran harus pandai dalam mengatur harga, tempat penjualan, melakukan promosi produk, salah satu cara promosi adalah dengan menawarkan harga miring untuk setiap menu masakan. Inovasi yang bagus terhadap produk yang dimiliki, seperti bagaimana cara membuat  ini terlihat lebih unik dan berbeda dari olahan  donat Kentang pada umumnya.     
1)   Mengatur Tempat Penjualan
Tempat berlangsungnya usaha kami di lingkungan kampus Gunadarma.
2)   Strategi Produk
Kami menawarkan jajanan pasar dengan berbagai jenis produk dan rasa yang berbeda dan pastinya higenis.
3)   Promosi Produk
Promosi produk kami terhadap para pelanggan dengan mempromosikan ke mahasiswa di lingkungan kampus Gunadarma.

E. Rencana Aktivitas

     Dalam menjalankan usaha ini, kami berencana untuk menawarkan produk – produk  ke mahasiswa Universitas Gunadarma di sela –sela jadwal perkuliahan. Hal ini dilakukan mengingat target konsumen kami adalah mahasiswa Universitas Gunadarma.




Berikut adalah bukti penjualan kami










dan ini adalah  kami













Tidak ada komentar:

Posting Komentar