Selasa, 06 Desember 2016

TUGAS 2 SOFTSKILL (RIZKI MOBILKU)

Nama kelompok:     32115178          ELIZABETH MANOGI
                               36115452          SEGHY AGNI SETYAWAN
                               36115773          SYAYU HANANA YOHANA STEFANI
                               32115491          FARCHAN GUSTIAN

                                                            RIZKI MOBILKU
             Anda adalah seorang konsultan manajemen untuk Rizki Hidayat, pemegang saham mayoritas dari kelompok 5 dealer mobil merangkap bengkel servis. Ia telah meminta Anda untuk menghabiskan beberapa hari di Rizki Mobilku, sebuah dealer yang tidak memberikan kinerja sesuai dengan potensinya. Anda tidak diperkenankan “mencari masalah”, sebagai gantinya, tugas Anda adalah menemukan cara-cara untuk membantu manajemen di dealer tersebut mengambil keuntungan dari setiap peluang.

            Satu hari ketika Anda sedang berbicara dengan Pramono, manajer penjualan untuk Rizki Mobilku, Anda menyadari bahwa dealer hanya mempergunakan sistem pemrosesan transaksi—ia tidak menyadari potensi dari informasi yang telah dikumpulkannya untuk pengambilan keputusan manajerial. Sebagai contoh, Rizki Mobilku mengetahui tanggal pembelian dan pemilik dari setiap mobil yang dijualnya, tetapi ia tidak pernah menghubungi pemilik mobil tersebut sehubungan dengan pemeliharaan rutin. Rizki Mobilku tahu bahwa orang yang membeli sebuah mobil baru biasanya akan menukar mobil tersebut dengan mobil baru lain 10 tahun kemudian, tetapi dealer tidak menghubungi pelanggan-pelanggan sebelumnya ini.


Soal

1.      Berdasarkan kasus Rizki Mobilku, jelaskan perbedaan antara data dan informasi. Data apa yang sebaiknya diproses menjadi informasi di Rizki Mobilku?

Jawab:
      - Data adalah fakta mentah atau rincian peristiwa yang belum diolah, yang terkadang tidak dapat diterima oleh akal pikiran dari penerima data tersebut, maka dari itu data harus diolah terlebih dahulu menjadi informasi untuk dapat di terima oleh penerima.

      - Informasi adalah  hasil pengolahan data yang sudah dapat diterima oleh akal pikiran penerima informasi yang nantinya dapat digunakan untuk pengambilan keputusan.

Data yang seharusnya jadi informasi :
-          Dealer
-          Pemerosesan transaksi
-          Mobil
-          manajerial

2.      Apakah saran anda terhadap kasus Rizki Mobilku untuk mencapai keunggulan kompetitif ?
Jawab :

      Seharusnya Rizki Mobilku memperbaiki system manajerial nya dan juga system pemerosesan transaksi. Ketika memasukkan mobil baru seharusnya Rizki Mobilku lebih sering sering menghubungi pemilik mobil minimal sebulan sekali agar memiliki hubungan erat dengan pelanggan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar